Tips Belanja online agar aman dalam bertransaksi

Berikut adalah Tips belanja online agar aman dalam bertransaksi

Tips belanaj online yang aman

1. Riset Barang yang Dibeli

Sebelum membeli suatu barang, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jadinya, kamu pun bisa mengetahui ciri-ciri keaslian suatu barang, ketersediaan stok di toko online lain, dan harga di pasaran.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan. Apalagi, jika kamu kurang memahami barang yang dibeli. 

2. Perhatikan Gambar Produk Secara Detail

Berdasarkan hasil riset tersebut, kamu bisa mengetahui juga keaslian dari gambar produk yang ditawarkan di toko online.

Jika terdapat perbedaan dari gambar yang satu dengan gambar lainnya, maka kamu boleh curiga terhadap keaslian barang yang ditawarkan. Apalagi, kalau harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari toko lain.

3. Cek Deskripsi Barang Terlebih Dahulu

Saat mencari barang yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu membaca secara teliti keseluruhan deskripsi. Terkadang, apa yang terdapat pada gambar produk berbeda dengan kondisi asli barang, lho.

Untuk itulah, penting membaca secara teliti deskripsi barang yang akan dibeli, terutama bila kamu belanja secara online.

4. Chat Dengan Seller

Selain deskripsi, kamu juga bisa memastikan kualitas dan keaslian barang dari informasi penjual serta cek sosial media jika kamu ingin membeli dari toko online.   

Pastikan kamu mendapatkan semua informasi yang kamu mengenai produk yang kamu butuhkan melalui penjual

5. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Ketika belanja online, hindari memakai metode pembayaran yang tidak jelas dan tidak tersedia pada pilihan marketplace tersebut.

Pastikan kamu  tidak langsung masuk membayar ke penjual, tetapi melalui perusahaan marketplace tersebut. Jika barang yang kamu terima tidak sampai dan tidak sesuai, kamu tetap bisa mendapatkan jaminan uang kembali.

Maka dari itu pilihlah marketplace atau toko online yang meyediakan sistem pembayaran dan pengiriman yang sudah terpercaya, khususnya jika produk yang ingin di beli adalah preloved, cari lah marketplace yang menyediakan sistem pembayaran dan pengiriman agar jika seller menolak cod transaksi tetap terjamin keamanannya dan dapat menghindari resiko dari cod.

 

 

 

Loak-in
Logo
Reset Password
Shopping cart