Tips Mencuci Baju dengan Tangan

Sebagai cara yang paling tradisional dan terpercaya untuk mencuci pakaian, mencuci baju dengan tangan tidak hanya efektif tetapi juga dapat membuat pakaian lebih awet. Namun, ada teknik khusus yang perlu diperhatikan agar hasil pencucian lebih maksimal dan pakaian tetap terjaga kualitasnya. Berikut adalah 6 cara tips mencuci baju dengan tangan yang benar:

1. Pisahkan Pakaian Menurut Jenisnya

Sebelum memulai mencuci dengan tangan, pisahkan pakaian menurut jenisnya. Bahan-bahan yang terbuat dari serat yang berbeda seperti wol, sutra, dan kapas memerlukan perlakuan yang berbeda pula. Jangan mencampurkan pakaian yang berbeda jenis agar tidak merusak kualitas dan warna pakaian.

2. Cek Label Perawatan Pakaian

Sebelum mencuci, pastikan Anda membaca label perawatan pakaian. Label ini memberikan informasi tentang jenis bahan dan instruksi perawatan pakaian yang benar. Ikuti instruksi pada label untuk mencuci pakaian dengan aman.

3. Gunakan Sabun Cair yang Lembut

Pilih sabun cair yang lembut untuk mencuci pakaian dengan tangan. Hindari menggunakan deterjen berbahan kimia keras, yang dapat merusak serat pakaian dan mengiritasi kulit. Campurkan sabun dengan air sebelum mencuci pakaian.

4. Rendam Pakaian Sebelum Mencuci

Rendam pakaian dalam air selama beberapa menit sebelum mencuci. Hal ini membantu melonggarkan kotoran dan noda pada pakaian sehingga lebih mudah dibersihkan. Pastikan air yang digunakan cukup hangat agar kotoran mudah terangkat.

5. Gosok Pakaian dengan Lembut

Gosok pakaian dengan lembut dan perlahan agar tidak merusak serat pakaian. Hindari menggunakan sikat kasar atau menyikat terlalu kuat, yang dapat merusak serat dan bahkan merusak warna pakaian. Gosok pakaian secara merata dan fokus pada area yang kotor atau noda.

6. Bilas Pakaian dengan Air Bersih

Setelah mencuci, bilas pakaian dengan air bersih untuk menghilangkan sabun dan kotoran. Ulangi proses bilas beberapa kali sampai air benar-benar bersih. Pastikan Anda meremas pakaian secara lembut saat membuang air dan sebelum membilas pakaian.

Sekian 6 tips mencuci baju dengan tangan, Anda dapat mencuci pakaian dengan tangan yang benar dan membuat pakaian tetap terjaga kualitasnya. Selamat mencuci!

baca juga tips membeli bahan kebaya berkualitas tinggi

Loak-in Blog

Download aplikasi jual beli preloved Loak-in

https://apple.co/3kXI1xg iOS apps

https://bit.ly/Loak-inandroid android apps

Loak-in
Logo
Reset Password
Shopping cart